5 Tips Agar Hemat Saat Renovasi Rumah

Merenovasi rumah merupakan suatu keharusan, terutama jika umur properti sudah 10 tahun atau lebih. Agar renovasi tidak merusak perencanaan keuangan, berikut beberapa tips yang dapat Anda simak.

  1. Buat Skala Prioritas Supaya Renovasi Tidak Membengkak
    Terkadang kontraktor atau tukang menawarkan banyak ide renovasi yang terkadang meluas dari rencana awal Anda. Tetaplah pada rencana awal Anda. Jika memang tujuan awalnya membuat satu kamar tidur untuk anak, maka tetaplah pada rencana tersebut.
  2. Gunakan Bahan Bangunan Bongkaran/Simpanan yang Masih Layak Pakai
    Kadang kita masih punya beberapa bahan bangunan bekas hasil renovasi sebelumnya yang tidak terpakai, bahan bangunan tersebut masih dapat kita pakai jika masih dalam kondisi baik. Terkadang juga kita menemukan bongkaran seperti kusen yang masih bagus, asalkan masih layak dan cocok dengan desain yang ingin kita terapkan, dapat saja kita pakai dalam renovasi kali ini.
  3. Gunakan Kontraktor
    Kontraktor baik perusahaan maupun freelance akan memberikan kenyamanan kepada Anda selama proses renovasi. Diskusikan budget dan hasil yang Anda harapkan dari renovasi ini. Kontraktor secara profesional akan dapat memberikan hitungan detil jika diperlukan.
  4. Jeli dan Hati-Hati Dalam Memilih Kontraktor
    Pastikan kontraktor yang Anda gunakan sudah cukup berpengalaman dalam bidangnya. Jangan gunakan kontraktor yang murah tapi belum berpengalaman. Jika Anda ragu, pilihlah kontraktor yang direferensikan teman Anda, atau kenalan Anda sendiri.
  5. Bersiaplah untuk Pengeluaran yang Tidak Diduga
    Pada saat melakukan renovasi, seringkali kita menemukan bahwa kondisi bangunan kita sudah tidak dalam kondisi yang baik, misalnya langit-langit yang sudah banyak rayap. Hal tersebut membuat kita terpaksa merogoh kocek lebih dalam untuk memperbaiki kondisi tersebut. Tanyakan kepada kontraktor Anda opsi apa saja yang dapat Anda pilih jika Anda sedang terbatas oleh anggaran.

BACA JUGA